Jumat, 18 April 2014

Potensi Pemuda Pemudi Untuk Berwira Usaha

Potensi Pemuda dan Pemudi  untuk berwirausaha tak dikembangkan karena banyak factor. Salah satunya karena kurangnya modal dan jaringan. Selain itu, pengenalan wira usaha yang keliru juga membuat tidak bersemangatnya kalangan pemuda untuk berwirausaha.
Pemuda dan Pemudi  harus bisa menjadi garda depan pembangunan daerah. Saat ini persoalan Negara yang cukup serius salah satunya adalah kemiskinan dan pengangguran."Saya mengutip kata Nurcholis Madjid, tanpa kesejahteraan mustahil ada persatuan. Artinya ketika ketika ingin memajukan daerah, masyarakat harus bersatu, untuk bersatu perlu sejahtera. Oleh karenanya Pemuda dan Pemudi  perlu bahkan wajib berwirausaha agar selain mensejahterakan diri sendiri juga mampu menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat.
Kelemahan -Kelemahan Pemuda Pemudi kita dalam memulai atau menjalankan berwira usaha :
  1. Tak berani ambil resiko
  2. Tidak fokus dan bekerja setengah-setengah.
  3. Kurangnya Pendalaman atau Ilmu dan Pengetahuan serta pengalaman tentang usaha yang di jalankan.
  4. Kurangnya dukungan dari Pemerintah dan Bank Pemberi modal dalam memberikan kemudahan pinjaman modal bagi Pemuda Pemudi dalam berwira usaha baik yang baru memulai usaha ataupun yang  sudah menjalankan usaha tetapi kekurangan modal.
  5. Kurangnya Pelatihan -Pelatihan yang diadakan Pemerintah untuk Pemuda -Pemudi tentang berwira usaha. 
  6. Kurangnya Pemahaman dan Kedisiplinan dalam Pembukuan.
  7. Tidak menguasai dan lemah dalam Marketing ( Pemasaran ) dan Promosi. 
 

Pemerintah Kucurkan Modal Pengusaha Pemula dan Pemuda Pemudi

Pemerintah melalui Kementerian Negara Koperasi dan UKM pada tahun 2014 telah mengalokasikan modal usaha bagi wirausaha pemula sebesar Rp 54 miliar atau sebesar Rp 5 – 25 juta setiap orang. Modal usaha ini bersifat hibah. Penerima tidak diharuskan untuk mengembalikan, tapi harus memiliki tanggung jawab moral dalam mengelola dana tersebut. Selain itu, wirausahawan yang telah berhasil juga harus membantu masyarakat sekitar untuk menjadi wirausahawan  .Meskipun ada dukungan dari pemerintah, Pemuda jangan hanya bergantung dari bantuan pemerintah.  Pemerintah sebatas mendukung Pemuda Pemudi menyiapkan semangat pantang menyerah,  karena wirausahawan itu mesti kuat, tegar, dan tidak takut gagal.
Modal wirausaha untuk kaum muda dari pemerintah pusat akan dikucurkan usai pemilihan umum, tepatnya bulan Oktober 2014. Bantuan untuk kaum muda senilai Rp 25 juta setiap rintisan usaha itu, sengaja diberikan untuk memotivasi semangat berwira usaha kaum muda.( Maskun Waka IPP PWKT Batam )

Sumber :http://www.tempo.co/read/news/2014/03/25/089565338/Modal-Wirausaha-Kaum-Muda-Dikucurkan-Usai-Pemilu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar